Puncak Merapi Memiliki Trek yang Sulit Dilalui

Ini aku 2 tahun silam. Tepatnya 29 Maret 2016, di PUNCAK MERAPI. Mendengar kabar Merapi pagi ini, aku langsung merinding sekujur tubuh. Apa yang ada di pikiranku? Adalah jika 11 Mei 2018 di Puncak Merapi, juga terjadi pada 29 Maret 2016 silam, apa yang sedang aku alami sekarang? Mungkin alam kubur, atau cacat seumur hidup, dan kengerian lain yang terbayang begitu saja di pikiranku. Bagaimana orangtuaku, jika aku yang terkena musibah ini, mungkin mereka tidak akan pernah mengizinkan siapapun keturunannya untuk bahkan hanya mendekati gunung.

Aku malu pada diriku sendiri. Sangat malu. Pendaki macam apa aku ini. Ego yang lebih besar, mengalahkan logika untuk mengutamakan keselamatan. Saat di Puncak Merapi, tidak ada kekhawatiran sedikitpun akan terjadi sesuatu bahaya yang sangat mungkin tiba2 bisa datang kapan saja. Beginilah manusia, baru mau berfikir jika musibah sudah terjadi dan korban jiwa.
Waktu itu, aku cari tahu tentang kontroversi Puncak Merapi, ada yang bilang tidak boleh (pihak Basecamp Barameru), tapi nyatanya banyak yang ke puncak. Karena keinginan yang sangat besar untuk sampai ke puncak, aku menyimpulkan sendiri bahwa itu hanyalah sebuah himbauan, bukan larangan (pemikiran yang sangat bodoh).

Tidak ada keinginan untuk mencari tahu lebih banyak kenapa batas aman pendakian hanya sampai Pasar Bubrah. Hanya sekedar (ingin) tahu bahwa tidak dianjurkan ke puncak karena post erupsi 2010 silam, dan ada pendaki yang jatuh ke kawah. Pikiranku langsung menjawab : “erupsi udah lama, inshaAllah aman, dan oke aku nggak akan dekat2 kawah atau pose yang macam2 biar nggak mati di kawah”. Yaa Alhamdulillah nyatanya selamat sampai pulang.

Pikiranku langsung terbuka ketika melihat berita hari ini, alasan kenapa puncak dilarang, apa yang ada di puncak dan bahayanya. 2 tahun lalu aku tidak tahu mengenai ini, lebih tepatnya “tidak mau tahu”. Seperti yang sudah aku bilang sebelumnya, aku tidak mau mati konyol di gunung dan menyusahkan banyak orang.

Untuk kalian yang belum pernah ke Puncak Merapi, semoga kejadian pagi ini membukakan pikiran kalian bahwa larangan ke Puncak Merapi itu sejatinya adalah memang benar2 larangan, bukan sekedar himbauan. Salam selamat!!!

Destinasi Wisata Paling Menarik di India

Apa yang ada di benak Anda Jika mendengar tentang India? India tidak ada dalam daftar ember saya sampai dua tahun lalu ketika saya bertemu Herma, Kadek, Febrian dan juga Ari. Mereka bercerita tentang pengalaman gila mereka di India, betapa sulitnya mereka melakukan perjalanan, betapa uniknya budaya, betapa indahnya pemandangan dan betapa indahnya arsitektur di India.

Mereka mengatakan kepada saya bahwa India adalah negara yang harus dikunjungi, setidaknya sekali dalam hidup Anda. Ketika saya mendarat minggu lalu dan mulai berjalan-jalan di sekitar Jaipur, saya dikejutkan oleh kerumunan orang di jalan bersama dengan lalu lintas.

Tetapi saya harus mengatakan ini adalah pengalaman unik yang tidak akan pernah saya lupakan. Ini adalah salah satu gang kecil di Jaipur. Anda dapat melihat betapa berantakannya kabel-kabel listrik di kota kecil yang padat ini bersama dengan beberapa kambing yang berkeliaran mencari makanan dari tempat sampah.

Hati-hati dari sepeda! Meskipun ini gang kecil, sepeda tetap melewati jalan ini dengan kecepatan tinggi dan klakson yang keras. Saya harus menunggu hampir 30 menit untuk mendapatkan foto yang bagus meskipun komposisinya tidak tepat. Tapi foto ini bisa bercerita tentang ilustrasi kehidupan di Jaipur, India.

Bingung harus bagaimana cara menjelaskan keindahan Jaipur. Soalnya udah kelewat cantik banget bangunan-bangunan di Jaipur. Bahkan orang India juga suka plesiran ke Jaipur karena banyak tempat-tempat bagus buat foto-foto, pastel & bangunannya ala-ala kastil.

Satu hal lain yang tidak mungkin ditinggalkan adalah menanti matahari terbit. Setiap bagian dunia memiliki waktu yang berbeda – beda dalam melihat sunrise. Hal ini sangat precious dan luar biasa sekali karena hanya dapat dialami satu kali seumur hidup.

Tidak mungkin kami melewatkan salah satu momen berharga dalam hidup yaitu menyaksikan matahari terbit dari Yamuna Ghat. Kami pergi kesana pada pukul 6 pagi dan memberi makan ribuan burung yang terbang bebas di atas air. Harga menyewa kapal disini pun sangat murah yaitu kurang dari 30.000 rupiah saja per orang.

Tempat Indah di Jawa yang Wajib Dikunjungi

SUKA BANGET SEJARAH CANDI CANDI DI PULAU JAWA!!! Candi ratu boko ini tuh diambil dari nama raja mataram yang bernama “raja ratu boko” jadi dia raja ya bukan ratu dan dia ayah dari roro jonggrang yang melegenda itu, baru tau kan pasti? Foto diatas juga cuma pintu masuk candi ratu boko loh, gak kebayang dulu segede apa ini candi tapi sekarang cuma reruntuhan dan gua yakin pasti candi ini dulu nyambung sama candi prambanan dan yakin juga masih banyak candi di pulau jawa yang belum ditemukan, merinding sendiri jujur kalo bayangin jaman dulu.

Andaikan di candi ratu boko ini ada pusat informasi sekaligus museum atau film dokumenter tentang candi pasti seru banget dan wawasan juga bertambah saya percaya kita bisa mewujudkan ini.

Matahari Pagi di Kebumen

Sayang banget kayaknya kalo foto ini cuma disimpan di galeri hp doang! Semua foto ini ada di kawasan bukit banda, kebumen. Salah satu rekomendasi point sunrise yang rasanya betah banget berjam-jam disini karena kabutnya bisa sampe siang.

Baru cek kamera lagi ternyata ada foto ini, ternyata masih bisa di selamatin. Untung fotonya pake format .raw jadi masih bisa dj akalin, moment sunrise atau sunset biasanya emg pake kamera sih soalnya kalo pake hape pasti gak ketolong lagi mungkin tergantung hpnya juga kali ya? Mau cek mc kamera lagi siapa tau ada yg masih bisa ke tolong hehe.

Sunset De Djawatan

Satu lagi nih tempat menarik di Jawa yang cocok untuk memandang matahari terbenam, namanya adalah De Djawatan. Sunsetan di de djawatan magical banget ya. Ternyata sunsetan di sini banyak sekali “rays” dan pohonnya nyala berwarna orange karena sinar matahari.

Semakin matahari turun banyak sekali pengujung yang malah juga pergi, nah disini moment tersepinya padahal juga lagi bagus-bagusnya. Kalau saya lebih suka menunggu matahari benar – benar terbenam barulah saya beranjak sebagai pertanda untuk memulai malam.

Bisakah Kamu Membedakan Alpaca dengan Llama?

Saya pun sering salah menyebutnya, “itu Alpaca!” “Bukan, itu Llama!” Setelah mempelajarinya dan berinteraksi langsung, barulah saya paham.

Alpaca memiliki telinga yang lebih pendek, sementara Llama bertelinga lebih panjang yang berbentuk seperti sebuah pisang. Untuk ukuran rata2 Llama lebih besar dan berbobot bantet ketimbang Alpaca. Uniknya Llama berwajah lebih tirus (yak! Kamu cocok memakai tipe kacamata apa saja) sementara Alpaca lebih hmmm berwajah lebih acuh tak acuh.

Alpaca cenderung memiliki bulu dan serat yang lebih lebat ketimbang sepupunya, Llama. Konon kata para penggembala di selatan Amerika, Llama memiliki pemikiran yang lebih merdeka, jadi cenderung cuek. Sedang Alpaca lebih memiliki naluri pelindung dan pemimpin. Dan telah lebih dari 5000 tahun, Alpaca, diberdayakan untuk pemanfaatan bulu dan seratnha yang memang dapat berfungsi sebagai penghangat, dan tentu dagingnya dapat pula di jadikan hidangan di Peru.

“Sini! Duduk, dan lihat ke bawah. Sungai Urubamba dan pertanian wilayah Sacred Valley.” Ajak Mama Rosario pada saya & Yudi untuk duduk bersantai di pinggir lembah Patabamba.

Setelah beberapa detik terpana memandang bentangan panorama lanskap Sacred Valley, belum sempat kami bertanya, ia langsung menyambar “Ya, kita berada di The Balcony of Sacred Valley”. Inilah teras di puncak lembah Patabamba yang sejak awal kami penasaran dimana letaknya.

Dari ketinggian sekitar 4000 mdpl (yang sedikit agak membuat kepala pusing bagi pendatang), di teras ini Mama Rosario menjelaskan Sungai Urubamba yang membelah Sacred Valley, yang mengalir dari Pisac menuju Ollantaytambo. Di Sudut pandang yang berbeda, dari bawah, di wilayah pertanian memandang keatas puncak-puncak perbukitan, termasuk titik teras ini dibahas di laman IG Yunaidi pada foto yang berjudul “Dibawah Bayang Lembah Suci”.

“Kita besok akan ke bawah ke persawahan tersebut, dan kamu akan menengok ke atas, ke titik dimana kita berada sore ini” sahut Omar, rekan kami penerjemah bahasa Quechua, sembari menandakan bahwa di rumah Mama Rosario hidangan makan malam telah menanti.

“Plus teh daun coca dong ya?” Celetuk saya sambil menyengir, sebab teh daun coca asli pegunungan Andes memang terbukti ampuh bagi kami untuk memperlancar peredaran darah ketika berada di ketinggian.

Perjalanan ke Flores yang Tidak Terlupakan

Wae Rebo, salah satu tempat impitan saya akhirnya tercapai juga. Sudah lama sekali saya ingin sekali pergi ke salah satu tempat menarik dan unik ini.  Mimpi dari 4 tahun yang lalu sejak liat Nila kesini akhirnya kesampean juga. Tiga kali ke Flores dan baru sekarang diberi kesempatan kesini, ada aja hambatannya dari dulu. Dan sekarang bisa liat secara langsung Desa kecil di ketinggian ini.

Kesini butuh sedikit perjuangan, mulai dari harus nempuh perjalanan 6 jam naik mobil ngelewatin jalanan berkelok-kelok dari Bajo ke Denge, dilanjutin trekking ala-ala naik gunung 3 jam ke Desa ini disaat cuaca pagi panas-panasnya. Pas nyampe…. Langsung kebayar semuanya pas liat Rumah Kerucut Mbaru Nirang. Viewnya juaraaa!!

Memandang matahari terbit di desa Waerebo sungguh indah dan menenangkan hati. Pagi-pagi dingin gini nyeduh kopi Flores sambil liatin view desa Wae Rebo dan para penduduk yang jemur kopi itu rasanya luarrrr biasa!!! Rasanya bersyukur banget bisa dikasih kesempatan buat jalan-jalan nikmatin keindahan Indonesia kayak gini. Yuk jalan-jalan!

Mengunjungi Bena, selain bisa liat rumah adat yang unik dan banyak disini, kita bisa liat pengrajin tenun Ikat yang pastinya bikin lo semua baper pengen beli. Asli kainnya bagus-bagus. Siapin duit lebih yah kalo mau kesini. Dan yang paling asik, warga disini ramah-ramah banget, senyum sapa gak berhenti – berhenti keluar dari wajah mereka.

Flores! Masih disini, masih terpesona dengan keanggunan alamnya, dari pantai, pulau-pulau, gunungnya, hutan lebatnya, persawahannya, desa adatnya, kain tenunnya, kopinya, keramahan senyumnya, dan banyak hal lagi yang bikin gue cinta ama pulau ini. Hari ke 8 disini dan masih banyak tempat yang belum sempat diexplore padahal kepala udah pusing dengan jalanannya yang berkelok-kelok.

Dan perjalanan kali ini beneran maha asik, gue ketemu orang-orang baru, temen-temen perjalanan baru yang gokil-gokil yang bikin perjalanan kali ini lebih berwarna. Pokoknya perjalanan ke Flores kali ini benar – benar berkesan dan tidak terlupakan sama sekali deh. Terimakasih Flores dan orang – orang baik selama perjalanan!

Singgah di Waerebo Apabila Mengunjungi Flores

Flores menyajikan keindahan panorama alam yang cantik dan lengkap. Gunung, laut, hutan, pantai, persawahan, dan juga tak ketinggalan desa-desa adatnya yang masih sangat tradisional. Semuanya tersaji apik di Pulau ini. Yuk trip bareng ke Flores! Explore keindahannya nggak cuma Kepulauan Komodo di Labuan Bajo saja, tapi kita juga bakalan explore destinasi lainnya.

Pagi itu keceriaan dan keriaan di kampung adat Waerebo hadir seperti biasanya. dodo dan wisna yang sedari awal perjalanan berniat membagikan beberapa mainan dan alat tulis kepada anak-anak Waerebo semakin menambah keriaan pagi itu, wajah mereka begitu excited ketika bang erwin yang sedikit kewalahan mengatur baris mereka satu persatu agar tertib, tidak berebutan seperti biasanya.

Banyak tamu yang datang ke desa kecil diatas awan ini membawa berbagai mainan, buku dan alat tulis ke atas, dibagikan kepada mereka satu persatu agar menambah pengetahuan mereka dengan buku-buku yang dibagikan, agar mereka mengenal dan belajar baca tulis lewat alat-alat tulis itu dan bisa bermain dengan permainan yang baru dengan mainan yang bermanfaat yang diberikan. Keindahan berbagi di kampung kecil ini kadang menambah semarak perjalanan bersusah payah mengunjungi desa yang mempesona ini.

Yuk yang datang ke Waerebo bagikan apa yang bermanfaat kepada mereka yang mendiami Waerebo.

Ada salah satu trik nih, untuk kamu yang suka traveling dan agar bisa tetap menjaga kesegaran mulut. Betadine bantu banget selama bulan puasa karena Selama bulan puasa begini, kadang bau mulut dan radang tenggorokan bisa jadi musuh utama. Tapi sekarang gak perlu khawatir lagi, karena gara gara gargle dengan obat kumur betadine yang bisa digunakan sehari 2 kali saja cukup pas sesudah sahur dan sebelum tidur. Masalah utama bau mulut dan radang tenggorokan pun hilang.

Jadi untuk kamu yang ingin traveling namun mulut tetap segar, sangat disarankan untuk mengantongi betadine ini. Selain harganya yang sangat terjangkau, manfaatnya juga bisa dirasakan dengan sangat ampuh bagi kebanyakan traveler sejati.

Hotel Terbaik Bernuansa Alam Di Indonesia

Jika anda yang tinggal di kota dan ingin berlibur untuk menghilangkan stred dari penatnya kehidupan dan kemacetan di kota , liburan yang cocok dengan anda adalah berlibur di suatu tempat yang hijau seperti di pegunungan atau mungkin daerah yang banyak pepohonan atau pantai merupakan tempat yang cocok. Apalagi di penginapan anda lebih menyatu dengan alam dan dengan view pemandangan . Itu agar pikiran akan lebih tenang dan sejuk . Tahukah anda bahwa di Indonesia juga banyak lohh pilihan untuk menikmati nyamannya hotel dengan suasa pemandangan yang indah sperti pemandangan hijaunya alam , birunya laut hingaa sejuknya gunung . Saya akan merekomendasikan beberapa tempat yang cocok untuk anda jika ingin berlibur .

  1. Amarta Hills ( Jawa Timur, Kota Batu)

    Bagi anda yang ingin menikmati sejuknya udara gunung dan indahnya pemandangan gunung ini adalah tempat yang cocok untuk anda .

    Letaknya di pusat kota Batu Resort ini terletak di puncak bukit yang sejuk dan indah dengan bonus pemandangan yang indah dan anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan gunung berselimut kabut saat matahari terbit . selain itu resort ini memiliki fasilitas yang terbilang mewah seperti kolam renang air panas , jacuzzi , rooftop lounge , dan restoran .
  2. Pondok Rasamala ( Jawa Barat, Kota Bogor)

    Beda dengan Amarta Hills , Pondok Rasamale lebih ke tema perhutanan dan lokasinya sangat dekat dari jakarta hanya 1 jam jika anda dari jakarta .  Service di pondok ini sangat komplit anda juga bisa merasakan suasana alam yang sangat sejuk dan sangat natural .

    Anda bisa menikmati suasana air yang mengalir langusng dari curung kecil yang anda bisa bermain di bawahnya, mendengarkan suara serangga serangga kecil di tengah hutan dan anda juga bisa menyalakan api unggun .
  3. Tiara Bunga ( Balige,Sumatra Utara)

    Hotel ini merupakan hotel yang sangat indah dengan pemandangan hotel yang mengahadap langsung ke danau dan pulau samosir . Dengan suasana yang tenang dan sepi membuat hotel ini sangat cocok untuk anda yang
    benar benar cinta akan ketenangan karena di sini hotel yang sangat sepi . dan hotel ini juga di lengkapi kolam renang yang menhadap langsung ke danau .

inilah beberpa hotel yang bisa saya rekomendasi untuk anda , Terima Kasih.

Hotel Termahal Di Indonesia

Jika anda mengunjungi ke suatu tempat wisata atau berlibur di suatu tempat sangat tidak lengkap jika menginap di hotel . Hotel juga bisa menjadi salah satu desti wisata itu sendiri . Tetapi tentu saja jika anda menginap di hotel memiliki harga yang sangat bervariasi dari yang murah hinggal yang sangat mahal . Tentunya untuk menentukan harga hotel yang mahal harus memiliki beberapa faktor yang menjadi penentu seperti fasilitas yang di miliki dan berpa bintang yang di miliki hotel tersebut . Jadi saya sudah merangkum beberapa hotel termahal di Indonesia yang memiliki fasilitas yang sangat mewah dan megah . mari kita mulai dari yang pertama .

  1. Hotel Amanjiwo, Di Jawa Tengah

    Hotel Amanjiwo yang terletak di JaTeng ini merupakan hotel incaran para touris yang ingin berkunjung di Jogja , apa lagi hotel ini sangat dekat dengan Candi Borobudur . Hotel ini juga menawarkan fasilitas yang sangat mewah dan hotel ini berinterior ukiran kayu di tambah lagi memiliki latar gunung merapi . Hotel ini sangat cocok bagi anda yang mencari nuansa jawa yang sangat kental . Hotel ini mematok harga dari 8juta hingga 21 juta permalamnya .
  2. Ayana Resort, Di Bali

    Berlokasi di Jimbaran , resort Ayana menawarkan nuansa tradisinal Bali di setiap kamarnya . Dan resort Ayana juga menawarkan berbagai fasilitas yang sangat mewah yang mencolok dari resort ini adalah sebuah kolam renang yang langsung menghadap ke arah laut . Yang membuat siapa saja yang berenang di sana akan betah untuk menikmati pemandangan pantai Kisik dan sejuknya angin yang berhembus . dan semenjak ada tren menikah di outdoor resort ini menjadi sangat terkenal .Untuk menginap di sini anda harus menyiapkan uang sebesar 3,7 jt hingga 75jt permalamnya .
  3. The Ritz Carlton , DI Jakarta

    Hotel ini terletak di Ibu kota Indonesai di Jakarta di kawasan SCBD . Hotel berbintang 5 ini menawarkan fasilitas selayaknya hotel berbintang . Hotel ini menawarkan fasilitas yang sangat mewah dengan kamar yang lantainya berbahan marmer dan di toiletnya sudah tertanam TV LCD yang bisa anda nikmati sambil berendam . Dan di hotel ini juga di sediakan mobil Limosin untuk mengajak anda mengelilingi Jakarta . Untuk menginap di hotel ini anda harus merogoh kantong sebesar 57 Jt rupiah permalamnya .

Bagaimana ? apakah anda berminat untuk menginap di salah satu hotel tersebut ?

Hotel Yang Memiliki View Paling Indah Di Dunia

Buat kalian yang sebentar lagi akan liburan untuk merayakan Idul Fitri pasti dong kalian semua mau yang terbaik untuk liburan panjang kali ini, ketika kamu berlibur dan memilih menginap di hotelberarti kalian sudah berkomitment akan liburan dengan santai dan tidak terlalu memikirkan harga pastinya. siapa yang ingin liburannya yang hanya setahun sekali mendapatkan pengalaman buruk misalnya tersesat, terlalu berantakan menjadwalkan rute perjalanan, ataupun mendapatkan hotel yang buruk dari segi pelayanan, kenyamanan, kebersihan, dan yang paling pasti di idamkan semua orang adalah hotel degan View yang indah dan luar biasa dong.

kami akan merekomendasikan beberapa kategori hotel terbaik yang memiliki View paling indah menurut kami dan dijamin kalian gabakal menyesal deh untuk tinggal di hotel-hotel ini dan pastinya kalian akan sangat puas dengan liburan kalian meskipun hanya menginap di hotel.

1. Auberge du Soleil, Terletak Di Lembah Napa

jika kamu adalah pasasngan yang baru menikah dan ingin merasakan bulan madu yang paling berkesan, hotel ini sangat cocok dan sangat recomended untuk kalian pasangan suami istri yang ingin berbulan madu romantis. percayalah ini akan menjadi moment yang tidak pernah kamu lupakan, karena hotel bernuansa dewasa romantis ini berada lembah napa yang penuh bintang saat malam hari, dan untuk kalian yang suka dengan anggur dan makanan lesat lainnya tempat ini sangatlah cocok.

2. Ko’a Kea Hotel & Resort Terletak Di Hawaii

siapa yang tidak mendambakan untuk pergi ke Hawaii? pulau kecil yang di kelilingi pantai terindah di dunia ini sangat terkenal dengan cuaca tropis dan pantai biru indahnya, dan pastinya kalian tidak mau dong kecewa saat berlibur ke Hawaii hanya karena mendapatkan hotel yang buruk dan merusak mood liburanmu. hotel Ko’a kea & resort ini cocok untuk menjadi pilihanmu saat pergi ke hawai karna hotel ini memiliki view pantai yang luar biasa dengan pohon kelapa di sekitarnya yang membuat mood mu sangat bagus pastinya dan benar-benar merasa di pulau tropis.

3. Frangipani Beach Resort, terletak di Karibia utara

Sebuah hotel yang terletak di karibia ini menyediakan fasilitas dan pemandangan super mewah dan super nyaman, bagaimana tidak, hotel yang letaknya di pinggir pantai ini memberikan anda pemandangan pasir putih serta birunya lautan di padukan dengan ombak yang berdesir serta angin pantai yang berdesir membuat liburanmu akan menjadi sebuah liburan yang tidak akan pernah kamu lupakan seumur hidup. dan tidak lupa disini kamu juga disediakan kolam renang pribadi yang menghadap ke arah pantai agar anda bisa bersantai bersama pasanganmu sambil menikmati pemandangan yang sangat menyegarkan otak yang penat setelah bekerja di kota yang padat dan ramai