Belajar Mengontrol Perasaan Khawatir Di Dalam Diri Itu Penting

Masalah Mental Bisa Dialami Siapa Saja Dan Pada Usia Berapapun

Semua orang pasti pernah mengalami perasaan khawatir, pasti memiliki rasa khawatir dan kadang memiliki rasa khawatir yang berlebih. Untuk beberapa orang bertanya-tanya, apakah itu wajar. Jika masih bisa dikendalikan, selama tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, selama tidak mengganggu kegiatan dan kerjaanmu, itu masih wajar. Tapi jika sudah mulai mengganggu kegiatanmu, sudah mulai merugikan orang sekitarmu, itu perlu dipertanyakan. Sepertinya rasa khawatirmu mulai berlebih dan sudah tidak sehat. 

Belajar Mengontrol Perasaan Khawatir Di Dalam Diri Itu Penting

Dan saat perasaan khawatir sudah mulai berlebih, atau sudah mulai tidak sehat. Kalian perlu ke dokter atau pada ahlinya, untuk menyembuhkannya. Jangan menyepelekan hal tersebut. Karena beberapa penyakit serius seperti gangguan mental, skizofrenia, bipolar, dan lain sebagainya, itu berangkat dari perasaan khawatir yang berlebih. Jadi jangan pernah menyepelehkannya. Jadi saat kalian sudah merasa itu tidak wajar, cepat-cepatlah pergi memeriksakannya. Agar tidak terjadi sesuatu yang lebih jauh. 

Untuk itu sebelum rasa kekhawatiran itu menjadi berlebih, dan menjadi tidak terkendali. Kita perlu belajar untuk melatih diri mengontrol isi kepala kita, mengontrol emosi kita, mengontrol rasa kekhawatiran kita. Saat kita bisa mengontrol diri kita, pikiran kita, emosi kita. Kita akan semakin mudah mengontrol perasaan khawatir kita. Tidak hanya di perasaan khawatir. Tapi kita bisa mengontrol perasaan marah, kesal, sedih, dan lainnya. Sehingga kita bisa menjadi seseorang yang lebih disiplin, dan terkendali. 

Sehingga saat ada sesuatu yang terjadi di luar nalar, di luar prediksi, kita sudah siap, kita tidak kelabakan. Kita tidak akan menjadi orang yang lepas kendali. Karena kita sudah belajar mengontrol diri, mengontrol pikiran dan mengontrol emosi serta perasaan khawatir. Sehingga saat kondisi-kondisi seperti itu datang, kita tidak akan terlalu khawatir, kita masih bisa tetap tenang, dan kita masih bisa dengan pikiran jernih, mencari jalan keluar. Dan itu sangat penting untuk kita lakukan. Tidak semua orang bisa melakukannya. Karena itu memang sulit, untuk itu, belajar lah perlahan dari sekarang. Agar kalian bisa terbiasa dan menjadi bisa mengendalikan diri kalian.