3 Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Coba Untuk Mencegah Dan Mengatasi Gusi Berdarah

3 Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Coba Untuk Mencegah Dan Mengatasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah memang sering terjadi ketika selesai gosok gigi. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya gusi berdarah diantaranya seperti kekurangan vitamin, menyikat gigi terlalu keras, peradangan dan cedera. Peradangan yang terjadi dalam mulut bisanya membuat gusi membengkak, kemerahan, dan menimbulkan rasa perih.

Oleh karena itu, gusi kamu akan lebih mudah berdarah saat menyikat gigi. Tapi, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan gusi kamu yang berdarah karena ada beberapa cara alamiĀ  yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah gusi berdarah.

Apa saja cara-caranya? Berikut ini ada beberapa contoh dan penjelasannya. Yuk simak bersama di bawah ini.

1. Meningkatkan asupan vitamin C

Asupan vitamin C yang kurang akan membuat kamu lebih muda terkena gusi berdarah. Maka kamu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makan dengan kandungan vitamin C tinggi agar bisa melawan infeksi yang menyebabkan gusi berdarah. Asupan vitamin C yang harus di penuhi setiap harinya minimal 65 hingga 90 miligram. Untuk mendapatkan vitamin c juga tidak lah sulit, kamu bisa mengkonsumsi buah jeruk, tomat, wortel, dan juga paprika.

2. Berkumur air garam

Garam menjadi salah satu bumbu masakan yang di yakini bisa mencegah peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut penyebab gusi berdarah. Kamu bisa membuat ramuan ini dengan mudah, campurkan sedikit garam kedalam air hangat lalu aduk sampai rata dan gunakan untuk berkumur. Apa bila terdapat luka atau cidera dalam mulut, air garam juga bisa menjadi obat untuk mengatasinya karena air garam akan membantu membersihkan bakteri penyebab infeksi pada luka. Berkumur dengan air garam sebanyak 3 kali dalam sehari, maka kamu akan terhindar dari ancaman gusi berdarah.

3. Menjaga kesehatan mulut

Gusi berdarah bisanya bisa terjadi akibat kebersihan mulut yang kurang terjaga. Penumpukan plak yang terjadi di gusi akan meningkatkan kemungkinan gusi membengkak, peradangan hingga pendarahan. Plak itu sendiri adalah lapisan lengket yang terdapat bakteri di dalamnya dan membungkus gigi dan gusi.

Plak yang tidak di bersihkan akan membuat pertumbuhan bakteri dalam mulut lebih cepat, sehingga membuat gusi mudah luka dan kerusakan gigi.