Tanda-tanda Yang Di Perlihatkan Tubuhmu Saat Kelebihan Kadar Gula

Tanda-tanda Yang Di Perlihatkan Tubuhmu Saat Kelebihan Kadar Gula

Pada dasarnya tubuh manusia memerlukan asupan gula sebagai salah satu bahan pembentukan energi dalam tubuh. Namun, bukan berarti konsumsi gula dalam jumlah yang banyak itu bagus untuk kesehatan ya, konsumsi gula berlebih malah akan menimbulkan masalah kesehatan baru. Asupan gula harian yang di anjurkan 48 sampai 50 gram perharinya, menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Jika konsumsi gula harian kamu melebihi batas yang di tentukan, maka bisa di pastikan kamu akan mengalami kenaikan gula darah, serta memicu radikal bebas, dan juga senyawa-senyawa lainnya yang bisa memicu inflamasi. Seiring waktu berjalan, konsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius,mulai dari terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga berbagai jenis kanker.

Agar masalah ini bisa di cegah, kamu diharuskan untuk mengetahui tanda-tanda yang di berikan tubuhmu ketika mengalami kelebihan gula sehingga kamu bisa mengurangi konsumsi gula. Berikut ini ada beberapa contoh tanda tubuhmu kelebihan asupan gula.

1. Mudah marah

Salah satu penelitian yang tercatat dalam jurnal laporan sains pada tahun 2017 lalu, melaporkan keterkaitan konsumsi gula dengan gangguan terhadap suasana hati yang bisa di sebut juga depresi. Gula yang masuk dalam tubuh dengan jumlah yang berlebih akan mengacaukan neutransmiter yang ada pada otak, bagian ini yang mengatur mood seseorang. Gula juga akan meningkatkan hormon serotonin yang akan membuat kamu lebih nyaman.

Saat mengkonsumsi gula mood kamu akan naik dan lebih nyaman, namun saat kadarnya sudah mulai menurun. Maka mood kamu juga akan turun, yang membuat suasana hati kamu menjadi lebih buruk lagi.

2. Sulit tidur

Mengkonsumsi makanan atau pun minuman manis saat akan tidur bisa membuat kamu kesulitan untuk tidur. Alasannya cukup simpel, asupan gula yang masuk dalam tubuh akan di ubah menjadi energi baru, dan kondisi ini lah yang akan membuat tubuhmu sulit untuk tertidur dan terus terjaga semalaman. Saat tubuh tidak mendapatkan jam tidur yang cukup, maka akan memicu berbagai masalah kesehatan.

3 Darah tinggi

Penelitian lainnya juga menyebutkan, bahwa konsumsi gula akan memberikan pengaruh terhadap lonjakan darah dalam tubuh dan memicu penyakit kardiovaskular.

Manusia mengkonsumsi makanan dengan gula tambahan di dalamnya akan mengalami peningkatanĀ  tekanan darah, memicu peradangan, mempercepat denyut jantung, dan berbagai masalah metabolik.