BAGAIMANA BISA TERJADI CEGUKAN?

Cegukan pastinya sudah menjadi hal yang sangat lumrah di kehidupan sehari-hari, terkadang jika kalian sedang cegukan secara tiba-tiba apalagi jika sedang berada di sekitar orang banyak ini bisa saja menjadi bahan tertawaan karena mereka merasa sangat lucu.

Tapi bagaimana jika cegukan itu terjadi ketika kita sedang memesan makanan, atau bahkan sedang presentasi tentunya hal ini bisa membuat anda menjadi malu. Meskipun cegukan ini tidak berbahaya dan pastinya cegukan ini juga akan hilang dengan sendirinya pastinya beberapa orang tentu akan bertanya-tanya apa penyebabnya bukan? apalagi jika cegukan tidak hilang dalam waktu yang lama.

Munculnya cegukan ini pada umumnya tidak dapat di pisahkan dari cara kerja otot diafragma, cegukan biasa muncul ketika terganggunya otot diafragma. Otot diafragma ini merupakan otot yang terbentuk dari kubah dan di sekat di antara paru-paru dan perut. ketika anda menarik napas otot diafragma berkontraksi agar udara masuk ke dalam paru-paru sedangkan pada saat menghembuskan nafas pada otot diafragma akan menjadi rileks atau melemas sehingga membuat udara di dalam paru-paru dapat keluar melalui mulut.

Namun bagaimana yang akan terjadi jika sesuatu yang dapat menjadi salah satu penyebab cegukan yang menganggu otot diafragma? untuk kondisi tersebut otot diafragma akan mulai memaksa udara masuk ke dalam tenggorokan dan pada saat itu udara yang di paksa masuk tersentuh dengan kotak suara yang mengakibatkan pita suara menjadi tiba-tiba tertutup. Penutupan pita suara secara tiba-tiba yang menyebabkan suara cegukan.

Penyebab cegukan ini juga pada umumnya hanya terjadi dalam beberapa menit saja dan akan hilang dengan sendirinya, cegukan pastinya tidak akan terjadi dalam jangan waktu yang panjang seperti sakit pada umumnya jadi anda tidak perlu khawatir. Untuk hal yang normal cegukan jika muncul secara menerus hanya terjadi dalam 48 jam tetapi jika cegukan terjadi yang berlangsung lama biasanya di sebabkan karena adanya gangguan kondisi medis tertentu.

Ada pula penyebab cegukan di antaranya seperti :
1.Terlalu bersemangat, stres dan terlalu cemas
2.Mengkonsumsi minuman soda atau yang beralkohol secara berlebihan
3.Menelan udara saat sedang menghisap permen
4.Makan terlalu cepat
5.Perubahan suhu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *