Jenis Obat Yang Bisa Mengakibatkan Hipertensi

Jenis Obat Yang Bisa Mengakibatkan Hipertensi

Terdapat berbagai macam manfaat yang terdapat pada obat dimana dapat berisiko terhadap naiknya tekanan darah yang harus diwaspadai oleh seseorang yang mengalami hipertensi, seperti:

1. Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAID)

NSAID merupakan salah satu jenis obat peredah nyeri yang digunakan untuk sakit kepala, demam, migran ataupun peradangan yang disebabkan oleh rematik. Umumnya jenis NSAID yang sering digunakan yaitu naproxen, asipirin serta ibuprofen.Efek yang akan terjadi ketika kita mengonsumsi jenis obat ini yaitu dapat meningkatkan tekanan darah. Namun bagi seseoran yang mengalami hipertensi, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi obat NSAID ini.

2. Obat Migrain

Obat migran atau sakit kepala sebelah biasanya dapat memperkecil pembuluh darah di kepala. Ini memang bisa membantu dalam meredahkan nyeri migran, namun untuk efeknya akan berpengaruh terhadap seluruh tubuh bahkan risikonya dapat meningkatkan tekanan darah yang sangat membahayakan.

3. Obat Penurun Berat Badan

Selain bisa membuat parah penyakit jantung, ternyata obat penurun berat badan juga bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Untuk itu, harap konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan pelangsing jenis apapun.

4. Obat Batuk Dan Demam

Saat ini banyak dijumpai jenis obat batuk serta demam mengandung NSAID yang dapat meredahkan rasa nyeri. Selain terdapat kandungan NSAID ternyata obat batuk dan demam ini juga sering mengandung dekongestan.Dekongestan sendiri biasanya dapat memicu naiknya tekanan darah serta denyut jantung yang dapat memperburuk hipertensi. Untuk itu, harap menghindari berbagai jenis obat-obatan yang mengandung NSAID ataupun dekongestan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *