Jarum Suntik di Sentil, Kurang Kerjaan ?

Jarum Suntik di Sentil, Kurang Kerjaan ?

Jika kalian jeli ketika pergi ke dokter, khususnya pada proses penyuntikkan, maka kalian akan melihat sang dokter akan menyentil alat suntiknya terlebih dahulu sebelum memulai penyuntikkan. Pernahkah kalian bertanya – tanya, kenapa alat suntik tersebut perlu disentil ? Ternyata, hal sepele tersebut adalah gerakan yang sangat fatal, karena jika kita lupa melakukannya, hal tersebut dapat membahayakan nyawa seseorang.

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa dalam dunia medis penggunaan suntik sangat lumrah dilakukan, tapi mengapa alat suntik harus disentil sebelum digunakan? Hal tersebut dilakukakan guna memastikan tidak ada gelembung udara yang masih berada dalam alat suntik, sehingga pembuluh darah tidak kemasukkan gelembung udara ketika insulin disuntikkan.

Mengapa gelembung udara sangat fatal? karena ketika terdapat gelembung udara di pembuluh darah, maka gelembung udara tersebut akan mengganggu aliran dalam darah dan membuatnya terhambat, sedangkan fungsi pembuluh darah adalah untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika pemasukkan oksigen di salah satu  organ tubuh terhambat, maka kinerja organ tersebut akan terhambat, maka jika pemasukkan oksigen di organ – organ yang penting seperti otak, hati, jantung tentunya hal tersebut bisa membuat hal fatal. Oleh karena itu, meskipun hal sesepele ini kita tidak boleh menggampangkannya khususnya bagi kalian sang calon dokter masa depan, karena hal sepele tersebut bisa menyelamatkan atau bahkan mencelakakan orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *