Walau Sering Disangka Sayur Ternyata Ini Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Walau Sering Disangka Sayur Ternyata Ini Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Tomat Sering di gunakan sebagai olahan dalam memasak dan sering di sebut sebagai sayur dalam masyarakat. Sebenarnya tomat secara ilmiah di kategorikan ke dalam kategori buah buahan.

Tomat juga mempunyai manfaat yang beraneka ragam bagi kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung didalam buah tomat dapat mencegah resiko kanker.

Dalam buah tomat terkandung antioksidan alami yang bernama likopen. Zat likopen ini dapat membantu tubuh melawan efek radikal bebas penyebab kanker. Selain itu buah tomat banyak mengangung nutrisi lain yang baik untuk tubuh seperti polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid.

Tomat juga mempunyai kandungan kalori yang rendah dan lemak baik. Berbagai kandungan tersebut memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh seperti:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan kalium yang ada pada tomat dapat menurunkan kadar garam dalam tubuh sehingga tekanan darah tinggi dalam tubuh akan menurun. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah tomat secara rutin dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang dialami oleh seseorang.

2. Menjaga kesehatan kulit
Likopen yang ada pada buah tomat dapat melindungi kulit dari serangan sinar ultravioler yang berbahaya dan dapat menjauhkan kulit dari penuaan dini. Antioksidan yang ada pada buah tomat juga berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan.

3. Memelihara kesehatan mata
Degenerasi makula dapat di cegah dengan mengkonsumdi buah tomat secara teratur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa buah tomat dapat menjaga kesehatan mata seseorang dari resiko penuaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *